Minggu, 21 April 2013

Menu Makanan Sehat


Makanan sehat menurut para pakar gizi memiliki kandungan empat jenis makanan, yakni makanan pokok, lauk pauk, sayur,  dan buah. mari kita susuri tiap-tiap makanan.

Makanan pokok
makanan pokok banyak memiliki kandungan karbohidrat ( zat tepung ). contohnyal, nasi, jagung, roti, singkong, serta sagu. karbohidrat amat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber tenaga. dari sumber tenaga ini, kita dapat lakukan semua kegiatan atau aktivitas. lantas, supaya tubuh bertenaga, maka tiap-tiap hari kita mesti makan karbohidrat yang cukup yang dapat di ambil dari nasi, roti, jagung, singkong, ataupun sagu.


2. lauk pauk
lauk pauk banyak memiliki kandungan protein serta lemak yang dipakai untuk membangun tubuh serta ganti beberapa sel yang rusak. contoh yang terhitung didalam lauk pauk yaitu daging, ikan, ayam, telur, tempe, tahu, dan sebagainya.

contohnya, ikan salmon. ikan salmon yaitu sumber makanan yang bisa kurangi efek penyakit jantung, menambah resistensi insulin serta kurangi peradangan dikarenakan didalamnya kaya dapat asam lemak omega-3.

3. sayur dan buah
sayur serta buah banyak memiliki kandungan vit. serta mineral. vit. serta mineral ini diperlukan oleh tubuh untuk melindungi tubuh serta tidak mudah diserang penyakit. contoh sayur adalah bayam, kangkung, wortel, dan sebagainya.

contohnya, sayur sejenis brokoli. konsumsi brokoli didalam jumlah banyak, dapat kurangi tingkat efek seseorang pada penyakit kanker payudara, kanker paru-paru, serta kanker usus besar. dikarenakan brokoli adalah di antara makanan yang bisa melawan kanker. itu berkat senyawa sulfur yang terdapat didalam brokoli. senyawa sulfur tersebut bernama sulforaphane.

brokoli juga baik untuk tulang serta tekanan darah, dikarenakan didalamnya ada kalsium serta potasium. brokoli adalah di antara sumber terbaik kalsium serta potasium. makanan ini juga dapat melindungi beberapa sel otak dari serangan radikal bebas serta dapat melindungi mata kita dari katarak, karena brokoli memiliki kandungan vit. c serta beta karoten.

sesaat itu, buah juga amat diperlukan tubuh. buah banyak sekali jenisnya, contohnya mangga, heruk, pepaya, serta pisang. karenanya, tiap-tiap hari kita perlu makan sayur serta buah yang cukup.

buah alpukat banyak yang menganggap bila buah yang satu ini yaitu buah yang bisa bikin perut kita gendut atau kerap dimaksud buncit. nyatanya persangkaan itu salah.

nyatanya lemak yang terdapat didalam buah alpukat terhitung lemak yang tidak jemu. hingga lemak ini tidak bisa bikin perut anda buncit. alpukat juga bisa turunkan tingkat efek teradap penyakit serangan jantung. buah yang mempunyai lemak tidak jemu ini juga bisa turunkan kolesterol.

buah beri bisa memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk jantung kita. itu dapat didapati pada buah stroberi atau blackberri, blueberry. didalam studi 2008 oleh orang amerika mendapatkan bahwa orang yang konsumsi buah beri sepanjang 8 minggu dapat kurangi efek penyakit jantung.

karena, supaya tubuh kita terus sehat, kita butuh konsumsi keempat type makanan tersebut tiap-tiap hari. janganlah lupa memberikan susu pada makanan sehat anda. empat type makanan serta ditambah susu inilah yang dimaksud dengan makanan sehat atau biasa dikenal dengan “empat sehat lima sempurna”.

susu adalah sumber yang terbaik yang dapat menghindar diabetes militus, dikarenakan didalamnya terdapat kalsium serta vit. d. sesuatu penelitian menunjukkan bahwa wanita yang konsumsi susu kian lebih 1200 mg kalsium didalam 1 hari alami penurunan efek diabetes sejumlah 33 %.

makanan-makanan tersebut diatas sesungguhnya bisa kita dapatkan dengan mudah bila kita berupaya. beberapa orang yang pingin mempunyai gizi baik, di antaranya memakan makanan yang bergizi. namun, umumnya orang juga makanan bergizi itu hanya makanan untuk orang yang tingkat ekonominya menengah ke atas, tidak untuk mereka yang situasi ekonominya menengah ke bawah.

untuk mereka makan makanan yang bergizi tidaklah mutlak, yang mutlak untuk mereka yaitu bagaimana mereka bisa isi perut mereka dengan makan makanan sehat tiap-tiap hari. semoga pengertian makanan sehat tersebut berguna.

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis